Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wizer.me Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI SMK Kosgoro Nganjuk
Keywords:
Media Pembelajaran Wizer.me, Belajar Siswa, Mata Pelajaran PPKnAbstract
Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik merupakan salah satu masalah utama dalam proses pembelajaran. Wizer.me adalah platform pembelajaran interaktif yang menawarkan berbagai fitur untuk membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran Wizer.me pada mata pelajaran PPKn.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianpre eksperimentaldengan desain Pretestt and Postest one group design.Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Kosgoro NganjukTahun Akademik 2023/2024. Populasi penelitian yaitu kelas XI sebanyak 143 siswa,sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) 1 sejumlah 13 siswa. Berdasarkan hasil nilai tes menunjukkan bahwa nilai rata–rata pretest 61,54 danrata–rata posttest 75,38 untuk kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis uji-t diketahui taraf signifikasi 5% untuk Df = 12, nilai ttabel = 1,78229dan nilai thitung = 4,526, maka thitung> ttabel yang bearti H0 ditolak dan Ha diterima.Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Wizer.me dalam pembelajaran PPKn di SMK Kosgoro Nganjuk Tahun Ajaran 2023/2024Downloads
References
Agustiana, D. M., Malik, M., & Rumiati, S. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 522–533. https://doi.org/10.37640/jcv.v3i2.1869
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Basrina, Y., Afryansih, N., & Febriani, T. (2023). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer.Me pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darussalam Aryojeding. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 8(1), 31–38. https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.7361
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Hidayati, U., & Devi, L. P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Google Meet Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 353–361. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1669
Idyawati, I., Nurdin, & Nasir. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Interaktif Wizer.Me Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 105–118. https://doi.org/10.62388/jpdp.v2i2.170
Kumalasari, O. D., & Julianto. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbantu Website Wizer . me Materi Energi Alternatif Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 9(07), 2827–2837. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/41382
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Oktaviani, F., Mulyawati, Y., & hari susanto, L. (2023). Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbasis Wizer.Me Pada Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3. Jurnal Ilmiah, 8(3), 49–60.
Sapriyah. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Singgih Agung Yuwono, Lensi Megah Retta, Umi Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
