Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wizer.me Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI SMK Kosgoro Nganjuk

Authors

  • Singgih Agung Yuwono Universitas PGRI Mpu Sindok
  • Lensi Megah Retta Universitas PGRI Mpu Sindok
  • Umi Hidayati Universitas PGRI Mpu Sindok

Keywords:

Media Pembelajaran Wizer.me, Belajar Siswa, Mata Pelajaran PPKn

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik merupakan salah satu masalah utama dalam proses pembelajaran. Wizer.me adalah platform pembelajaran interaktif yang menawarkan berbagai fitur untuk membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran Wizer.me pada mata pelajaran PPKn.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianpre eksperimentaldengan desain Pretestt and Postest one group design.Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Kosgoro NganjukTahun Akademik 2023/2024. Populasi penelitian yaitu kelas XI sebanyak 143 siswa,sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) 1 sejumlah 13 siswa. Berdasarkan hasil nilai tes menunjukkan bahwa nilai rata–rata pretest 61,54 danrata–rata posttest 75,38 untuk kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis uji-t diketahui taraf signifikasi 5% untuk Df = 12, nilai ttabel = 1,78229dan nilai thitung = 4,526, maka thitung> ttabel yang bearti H0 ditolak dan Ha diterima.Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Wizer.me dalam pembelajaran PPKn di SMK Kosgoro Nganjuk Tahun Ajaran 2023/2024

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiana, D. M., Malik, M., & Rumiati, S. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 522–533. https://doi.org/10.37640/jcv.v3i2.1869

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Basrina, Y., Afryansih, N., & Febriani, T. (2023). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer.Me pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darussalam Aryojeding. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 8(1), 31–38. https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.7361

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Hidayati, U., & Devi, L. P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Google Meet Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 353–361. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1669

Idyawati, I., Nurdin, & Nasir. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Interaktif Wizer.Me Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 105–118. https://doi.org/10.62388/jpdp.v2i2.170

Kumalasari, O. D., & Julianto. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbantu Website Wizer . me Materi Energi Alternatif Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 9(07), 2827–2837. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/41382

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Oktaviani, F., Mulyawati, Y., & hari susanto, L. (2023). Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbasis Wizer.Me Pada Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3. Jurnal Ilmiah, 8(3), 49–60.

Sapriyah. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Yuwono, S. A., Retta, L. M., & Hidayati, U. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wizer.me Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI SMK Kosgoro Nganjuk . Aktualisasi Dinamika Ilmu Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1). Retrieved from https://journal.upms.ac.id/index.php/judika/article/view/584