PEMBELAJARAN BERBASIS CRT DI SMK AL-AMIN NGETOS NGANJUK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PANCASILA
Keywords:
Culturally Responsive Teaching (CRT), Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila, Pre-Experimental DesignAbstract
Rendahnya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila menjadi tantangan dalam pembelajaran kewarganegaraan. Penerapan pembelajaran berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) dipandang efektif untuk mengaitkan materi dengan konteks budaya lokal siswa. ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis CRT dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pancasila di SMK Al-Amin Ngetos Nganjuk. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 30 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan peningkatan signifikan skor pemahaman Pancasila (p < 0,05), dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 17,2 poin setelah penerapan CRT.Pembelajaran berbasis CRT terbukti efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Penelitian lanjutan perlu mengkaji penerapan CRT dalam konteks pembelajaran lintas mata pelajaran.Downloads
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gagne, R. M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart, and Winston.
Goleman, D. (1998). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. New York: Bantam Books.
Hamalik, O. (2018). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Jakarta: Nusa Media.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, A. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Reward terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45-58.
Zimmerman, B. J. (2000). Self-Efficacy: An Essential Motive to Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82-91
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
