PEMBELAJARAN BERBASIS CRT DI SMK AL-AMIN NGETOS NGANJUK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PANCASILA

Authors

  • Lensi Megah Retta STKIP PGRI Nganjuk
  • Muhammad Alfin Adiatma Nuurizan, STKIP PGRI Nganjuk

Keywords:

Culturally Responsive Teaching (CRT), Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila, Pre-Experimental Design

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila menjadi tantangan dalam pembelajaran kewarganegaraan. Penerapan pembelajaran berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) dipandang efektif untuk mengaitkan materi dengan konteks budaya lokal siswa. ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis CRT dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pancasila di SMK Al-Amin Ngetos Nganjuk. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 30 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan peningkatan signifikan skor pemahaman Pancasila (p < 0,05), dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 17,2 poin setelah penerapan CRT.Pembelajaran berbasis CRT terbukti efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Penelitian lanjutan perlu mengkaji penerapan CRT dalam konteks pembelajaran lintas mata pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, R. M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Goleman, D. (1998). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. New York: Bantam Books.

Hamalik, O. (2018). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Jakarta: Nusa Media.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, A. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Reward terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45-58.

Zimmerman, B. J. (2000). Self-Efficacy: An Essential Motive to Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82-91

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Retta, L. M., & Nuurizan, M. A. A. (2025). PEMBELAJARAN BERBASIS CRT DI SMK AL-AMIN NGETOS NGANJUK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PANCASILA. Aktualisasi Dinamika Ilmu Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 35–38. Retrieved from https://journal.upms.ac.id/index.php/judika/article/view/585