PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK KOSGORO NGANJUK
Keywords:
Model Case Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, PPKnAbstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berlanjut menimbulkan tantangan bagi siswa untuk menguasai keterampilan hidup abad 21 seperti berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Case Based Learning berbantuan LKPD pada mata pelajaran PPKn kelas XII SMK Kosgoro Nganjuk Tahun Pelajaran 2023/2024. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk one group pre-test post-tes design. Teknik analisis data menggunakan statistik analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan korelasi product moment. Hasil uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung sebesar 10,18890 sedangkan ttabel sebesar 1,68957 maka thitung lebih besar dari ttabel. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Case Based Learning berbantuan LKPD. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat melaksanakan penelitian serupa pada pokok bahasan yang berbeda.Downloads
References
Dewi, C. A., & Hamid, A. (2015). Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(2), 294. https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.687
Fatimah, S., & Nurita, T. (2023). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 11(3), 273–277.
Bloom, Benyamin.S, (2014). Taxonomy of Educational Objective. New York: Longman.
Greenstein, L. (2012). Assesing 21st Century Skills. United States of America: Corwin
Hariyono, dkk. (2024). Perkembangan Peserta Didik: Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik Pada Era Digital. Jambi:PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Hidayati, U., & Devi, L. P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Google Meet Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 353–361. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1669
Kitrungruang, P. (2010). Teaching Approach Development Using Case Study of Teaching Science for Enhancing Teaching Students Ethics. Doctor of Philosophy Program in Educational Administration. Faculty of Education; Silpakorn University.
Milner-Bolotin, M. (2001). The effects of topic choice in project-based instruction on undergraduate physical science students’ interest, ownership, and motivation. Austin: University of Texas.
Paul, R., & Elder, L. (2006). "Critical Thinking: The Nature of Critical and Creative Thought." Journal of Developmental Education, 30(2), 2-7.
Rahmawati, D., Sajidan, S., & Ashadi, A. (2018). Analysis of problem solving skill in learning biology at senior high school of Surakarta. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012014
Septi Andrini, V. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Team Quiz Menggunakan Media Zoom Meting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 89–94. http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v15i1.1234
Yuliantaningrum, L., Sunarti, T., Fisika, J., & Surabaya, U. N. (2020). IPF : Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302-4496 IPF : Inovasi Pendidikan Fisika Lina Yuliantaningrum , Titin Sunarti. 09(02), 76–82.
Williams, Brett. The Implementation of Case-Based Learning - Shaping the Pedagogy in Ambulance Education. Journal of Emergency Primary Helath Care.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Tanggerang : PT Rajagrafindo Persada.
Sumarmono, J. (2014). Variable Penelitian. Purwokerto: Onsoed
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
