PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK KOSGORO NGANJUK

Authors

  • Refi Nadya Putri STKIP PGRI Nganjuk
  • Muhammad Akbar Hajuan STKIP PGRI Nganjuk
  • Suharto Suharto STKIP PGRI Nganjuk

Keywords:

Model Case Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, PPKn

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berlanjut menimbulkan tantangan bagi siswa untuk menguasai keterampilan hidup abad 21 seperti berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Case Based Learning berbantuan LKPD pada mata pelajaran PPKn kelas XII SMK Kosgoro Nganjuk Tahun Pelajaran 2023/2024. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk one group pre-test post-tes design. Teknik analisis data menggunakan statistik analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan korelasi product moment. Hasil uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung sebesar 10,18890 sedangkan ttabel sebesar 1,68957 maka thitung lebih besar dari ttabel. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Case Based Learning berbantuan LKPD. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat melaksanakan penelitian serupa pada pokok bahasan yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, C. A., & Hamid, A. (2015). Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(2), 294. https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.687

Fatimah, S., & Nurita, T. (2023). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 11(3), 273–277.

Bloom, Benyamin.S, (2014). Taxonomy of Educational Objective. New York: Longman.

Greenstein, L. (2012). Assesing 21st Century Skills. United States of America: Corwin

Hariyono, dkk. (2024). Perkembangan Peserta Didik: Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik Pada Era Digital. Jambi:PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Hidayati, U., & Devi, L. P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Google Meet Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 353–361. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1669

Kitrungruang, P. (2010). Teaching Approach Development Using Case Study of Teaching Science for Enhancing Teaching Students Ethics. Doctor of Philosophy Program in Educational Administration. Faculty of Education; Silpakorn University.

Milner-Bolotin, M. (2001). The effects of topic choice in project-based instruction on undergraduate physical science students’ interest, ownership, and motivation. Austin: University of Texas.

Paul, R., & Elder, L. (2006). "Critical Thinking: The Nature of Critical and Creative Thought." Journal of Developmental Education, 30(2), 2-7.

Rahmawati, D., Sajidan, S., & Ashadi, A. (2018). Analysis of problem solving skill in learning biology at senior high school of Surakarta. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012014

Septi Andrini, V. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Team Quiz Menggunakan Media Zoom Meting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 89–94. http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v15i1.1234

Yuliantaningrum, L., Sunarti, T., Fisika, J., & Surabaya, U. N. (2020). IPF : Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302-4496 IPF : Inovasi Pendidikan Fisika Lina Yuliantaningrum , Titin Sunarti. 09(02), 76–82.

Williams, Brett. The Implementation of Case-Based Learning - Shaping the Pedagogy in Ambulance Education. Journal of Emergency Primary Helath Care.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Tanggerang : PT Rajagrafindo Persada.

Sumarmono, J. (2014). Variable Penelitian. Purwokerto: Onsoed

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Putri, R. N., Hajuan, M. A., & Suharto, S. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK KOSGORO NGANJUK. Aktualisasi Dinamika Ilmu Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 38–48. Retrieved from https://journal.upms.ac.id/index.php/judika/article/view/582