PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS XI DI SMK NU PACE

Authors

  • Nina Damayanti STKIP PGRI Nganjuk
  • Muhammad Akbar Hajuan STKIP PGRI Nganjuk
  • Vera Septi Andrini STKIP PGRI Nganjuk

Keywords:

Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Self-Regulated Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan Self-Regulated Learning siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui kemampuan Self-Regulated Learning siswa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E, 3) untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan Self-Regulated Learning siswa pada Mata Pelajaran PKn kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental design melalui pre test dan pos test. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK NU Pace Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian yaitu kelas XI sebanyak 259 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI TKJ 2 sejumlah 30 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes .Berdasarkan hasil nilai tes. siswa menunjukkan nilai rata–rata pre test 72,5 dan post test 84,66 berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% nilai ttabel = 2,04 dan thitung = 7,74, maka thitung > ttabel yang bearti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan Self-Regulated Learning siswa pada pembelajaran PKn Kelas XI di SMK NU Pace Tahun Pelajaran 2022/2023”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Putri, Mega Sukma. (2020). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP.

Nita Putri Utami, Rivdya Eliza, & Selvi Warahma. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Regulated Learning dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 06 No. I : 1025-1038

Arini, Suci. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen. Vol. 3 No.1.

Muosharafa. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui model pembelajaran learning cycle 7e dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No.3.

Afianti, Ryza., et al. (2011). Hubungan antara self-regulated learning (SRL) dengan kemandirian pada siswa program akselerasi SMA Negeri 1 Purworejo.

Ambarsari. J. (2017). Efektivitas Pelatihan Manajemen Diri Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Dengan Regulasi Diri (Self Regulated Learning) Siswa Smp. Program Pendidikan Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah: Surakarta.

Darojat & Kartono. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan AQ Dengan Learning Cycle 7E, Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol 5 , No.1.

Fajaroh. (2010). Pembelajaran dengan model siklus belajar (learning cycle), Malang: Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Damayanti, N., Hajuan, M. A., & Andrini, V. S. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS XI DI SMK NU PACE . Aktualisasi Dinamika Ilmu Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1). Retrieved from https://journal.upms.ac.id/index.php/judika/article/view/574