PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS XI DI SMK NU PACE
Keywords:
Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Self-Regulated LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan Self-Regulated Learning siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui kemampuan Self-Regulated Learning siswa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E, 3) untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan Self-Regulated Learning siswa pada Mata Pelajaran PKn kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental design melalui pre test dan pos test. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK NU Pace Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian yaitu kelas XI sebanyak 259 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI TKJ 2 sejumlah 30 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes .Berdasarkan hasil nilai tes. siswa menunjukkan nilai rata–rata pre test 72,5 dan post test 84,66 berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% nilai ttabel = 2,04 dan thitung = 7,74, maka thitung > ttabel yang bearti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan Self-Regulated Learning siswa pada pembelajaran PKn Kelas XI di SMK NU Pace Tahun Pelajaran 2022/2023”.Downloads
References
Putri, Mega Sukma. (2020). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP.
Nita Putri Utami, Rivdya Eliza, & Selvi Warahma. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Regulated Learning dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 06 No. I : 1025-1038
Arini, Suci. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen. Vol. 3 No.1.
Muosharafa. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui model pembelajaran learning cycle 7e dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No.3.
Afianti, Ryza., et al. (2011). Hubungan antara self-regulated learning (SRL) dengan kemandirian pada siswa program akselerasi SMA Negeri 1 Purworejo.
Ambarsari. J. (2017). Efektivitas Pelatihan Manajemen Diri Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Dengan Regulasi Diri (Self Regulated Learning) Siswa Smp. Program Pendidikan Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah: Surakarta.
Darojat & Kartono. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan AQ Dengan Learning Cycle 7E, Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol 5 , No.1.
Fajaroh. (2010). Pembelajaran dengan model siklus belajar (learning cycle), Malang: Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nina Damayanti, Muhammad Akbar Hajuan, Vera Septi Andrini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
