Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Di SMK Kosgoro
Keywords:
Metode pembelajaran kooperatif, picture and picture, hasil belajarAbstract
Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat pada mata pelajaran PPKn menjadikan siswa kurang bersemangat dalam belajar Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum perlakuan. 2. Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah perlakuan. 3. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan metode Pembelajaran Kooperatif Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental tipe onegrup dengan menggunakan rancangan Pretes dan Posttes. Berdasarkan hasil uji t pada hipotesis di dapatkan hasil sebelum perlakuan rata-rata nilai siswa adalah 75. Setelah perlakuan nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu 82. Hasil dari uji hipotesis di peroleh nilai t hitung sebesar 5,039 yang jauh lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,782 pada tingkat signifikansi 0,05. Maka H0 di tolak dan Ha di terima. Dengan ini dapat di simpulkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan penelitian ini penulis mengajukan saran untuk memberikan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga tujuan dalam proses pembelajaran tercapaiDownloads
References
Hasna, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Pictures Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)
Jaryati, N., Hera, T., & Rizhardi, R. (2022). Pengaruh Metode Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 2146-2153
Khoiriyah, S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL e-DuMath, 4(2), 30-35.
Lokat, Y. T., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Binomial, 5(2), 126-135
Mansur, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Biologi Sma. Jurnal Eduscience (JES), 9(2), 288-293
Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118-9126.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.
Penuli Vanya Karunia Mulia Putri (2023, juli 23). 7 Pengertian Hasil Belajar Menurut Ahli. Di peoleh pada 13 januar 2024. Kompas.com
Prihatini, A. S., Gustiawati, S. G., & Sutisna, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model
Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mi Al–Ikhlas Cicadas Bogor. Koloni, 1(3), 393-402
Sinaga, A. P., Sirait, J., & Marlina, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran
Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Iv Subtema I Siswa Kelas Vi Di Sd Negeri 095557 Sinaksak. Journal Sains Student Research, 2(1), 684-691
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Suhardi Didik , Ph.D. (2019) Cooperative Learning Model: Solusi Peningkatan
Kualitas Hasil Belajar dan Pembentukan Karakter Siswa. Di peroleh pada 14 Januari 2024. Jendela pendidikan dan kebudayaan dari https://jendela.kemdikbud.go.id/
Sulastri, Y., & Rochintaniawati, D. (2009). Pengaruh penggunaan pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran biologi di SMPN 2 Cimalaka. Jurnal pengajaran MIPA, 13(1), 15-22.
Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran kooperatif mind mapping berbantu audio visual dalam meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-19.
Wahab, Aziz, dkk. 2007. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan(PPKn). Jakarta: Universitas Terbuka.
Winataputra, Udin S, dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779-3785.
Zagoto, M. M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Liya Nurjannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
