Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Di SMK Kosgoro

Authors

  • Liya Nurjannah STKIP PGRI Nganjuk

Keywords:

Metode pembelajaran kooperatif, picture and picture, hasil belajar

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat pada mata pelajaran PPKn menjadikan siswa kurang bersemangat dalam belajar Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum perlakuan. 2. Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah perlakuan. 3. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan metode Pembelajaran Kooperatif Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental tipe onegrup dengan menggunakan rancangan Pretes dan Posttes. Berdasarkan hasil uji t pada hipotesis di dapatkan hasil sebelum perlakuan rata-rata nilai siswa adalah 75. Setelah perlakuan nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu 82. Hasil dari uji hipotesis di peroleh nilai t hitung sebesar 5,039 yang jauh lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,782 pada tingkat signifikansi 0,05. Maka H0 di tolak dan Ha di terima. Dengan ini dapat di simpulkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan penelitian ini penulis mengajukan saran untuk memberikan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga tujuan dalam proses pembelajaran tercapai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasna, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Pictures Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)

Jaryati, N., Hera, T., & Rizhardi, R. (2022). Pengaruh Metode Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 2146-2153

Khoiriyah, S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL e-DuMath, 4(2), 30-35.

Lokat, Y. T., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Binomial, 5(2), 126-135

Mansur, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Biologi Sma. Jurnal Eduscience (JES), 9(2), 288-293

Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118-9126.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Penuli Vanya Karunia Mulia Putri (2023, juli 23). 7 Pengertian Hasil Belajar Menurut Ahli. Di peoleh pada 13 januar 2024. Kompas.com

Prihatini, A. S., Gustiawati, S. G., & Sutisna, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model

Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mi Al–Ikhlas Cicadas Bogor. Koloni, 1(3), 393-402

Sinaga, A. P., Sirait, J., & Marlina, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran

Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Iv Subtema I Siswa Kelas Vi Di Sd Negeri 095557 Sinaksak. Journal Sains Student Research, 2(1), 684-691

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Suhardi Didik , Ph.D. (2019) Cooperative Learning Model: Solusi Peningkatan

Kualitas Hasil Belajar dan Pembentukan Karakter Siswa. Di peroleh pada 14 Januari 2024. Jendela pendidikan dan kebudayaan dari https://jendela.kemdikbud.go.id/

Sulastri, Y., & Rochintaniawati, D. (2009). Pengaruh penggunaan pembelajaran

kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran biologi di SMPN 2 Cimalaka. Jurnal pengajaran MIPA, 13(1), 15-22.

Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran kooperatif mind mapping berbantu audio visual dalam meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-19.

Wahab, Aziz, dkk. 2007. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan(PPKn). Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin S, dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779-3785.

Zagoto, M. M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-7.

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Nurjannah, L. (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Di SMK Kosgoro. Aktualisasi Dinamika Ilmu Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1). Retrieved from https://journal.upms.ac.id/index.php/judika/article/view/580