Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Literasi dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas X

Authors

  • Winanda Listian Dini STKIP PGRI Nganjuk
  • Vera Septi Andrini STKIP PGRI Nganjuk
  • Umi Hidayati STKIP PGRI Nganjuk

Keywords:

Model Pembelajaran Flipped Classroom, Literasi, Hasil Belajar, PPKn

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap literasi dan hasil belajar PPKn siswa kelas X SMK Kosgoro Nganjuk tahun 2023/2024, yang dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi dan hasil belajar PPKn di Indonesia, khususnya di SMK Kosgoro Nganjuk, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan sampel 18 siswa kelas X AKL 1 yang dipilih melalui purposive sampling dari populasi seluruh siswa kelas X SMK Kosgoro Nganjuk tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 150 siswa. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap literasi siswa (t hitung 2,03394 > t tabel 1,7744558) dan hasil belajar PPKn (t hitung 2,67759 > t tabel 1,7744558). Secara simultan, model pembelajaran flipped classroom juga terbukti berpengaruh terhadap kedua variabel terikat (F hitung 4,10 > F tabel 3,68). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap literasi dan hasil belajar PPKn siswa kelas X SMK Kosgoro Nganjuk Tahun Ajaran 2023./2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, F. (2024). Memahami Pengertian Literasi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya. Diperoleh pada tanggal 3 Mei 2024. Dari sumber https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-literasi.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31. Diperoleh pada tanggal 2 Mei 2024. Dari sumber

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624

Andrini, V.S. (2021). Studi Pembelajaran Model Flipped Classsroom Memetakan Motivasi Mahasiswa. Banten: CV. AA. Rizky. Diperoleh pada tanggal 24 Mei 2024 dari sumber http://repository.stkipnganjuk.ac.id/411/1/1.%20BukuVera%20Buku%20FULL.pdf

Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Mendikbud: Literasi Lebih dari Sekedar Membaca Buku. Jakarta: Kemendikbud

Creswell, J. W. (2021). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (7th ed.). Sage Publications.

Darmadi, H. (2020). Apa Mengapa Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila Dan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn): Konsep Dasar Strategi Memahami Ideologi Pancasila Dan Karakter Bangsa. Jakarta: An1mage

Ilham, B.U. (2022). Harbukdiknas 2022: Literasi Indonesia Peringkat Ke-62 Dari 70 Negara. Diakses pada tanggal 2 April 2024, dari sumber https://bisniskumkm.com/harbuknas-2022-literasi-indonesia-peringkat-ke-62-dari-70

Kemendikbud. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia Tahun 2023. Diperoleh pada tanggal 27 April 2024, dari sumber https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/login

Prakoso, B. (2024). Urgensi Literasi di Tengah Gelombang Informasi. Diakses pada tanggal 13 Mei 2023 dari sumber https://uwks.ac.id/artikel/202424022212266129/33651/urgensi-literasi-di-tengah-gelombang-informasi

Resta, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sumberejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). Diperoleh pada tanggal 28 April 204. Dari sumber http://digilib.unila.ac.id/73505/

Sitompul, I. S. (2023). Memahami Uji F (Uji Simultan) dalam Regresi Linear. Diakses pada tanggal 27 Juni 2024. Dari sumber https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-uji-f-uji-simultan-dalam-regresi-linear/

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfebeta

Susanti, L., & Hamama Pitra, D. A. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242

Yuliawati, D., Hidayati, U., & Etika, E. D. (2023). Implementasi Model Blended Learning Dan Media Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Sma. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 85–91. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.377

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Dini, W. L., Andrini, V. S., & Hidayati, U. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Literasi dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas X. Aktualisasi Dinamika Ilmu Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 27–37. Retrieved from https://journal.upms.ac.id/index.php/judika/article/view/581