Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Literasi dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas X
Keywords:
Model Pembelajaran Flipped Classroom, Literasi, Hasil Belajar, PPKnAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap literasi dan hasil belajar PPKn siswa kelas X SMK Kosgoro Nganjuk tahun 2023/2024, yang dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi dan hasil belajar PPKn di Indonesia, khususnya di SMK Kosgoro Nganjuk, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan sampel 18 siswa kelas X AKL 1 yang dipilih melalui purposive sampling dari populasi seluruh siswa kelas X SMK Kosgoro Nganjuk tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 150 siswa. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap literasi siswa (t hitung 2,03394 > t tabel 1,7744558) dan hasil belajar PPKn (t hitung 2,67759 > t tabel 1,7744558). Secara simultan, model pembelajaran flipped classroom juga terbukti berpengaruh terhadap kedua variabel terikat (F hitung 4,10 > F tabel 3,68). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap literasi dan hasil belajar PPKn siswa kelas X SMK Kosgoro Nganjuk Tahun Ajaran 2023./2024.Downloads
References
Abdillah, F. (2024). Memahami Pengertian Literasi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya. Diperoleh pada tanggal 3 Mei 2024. Dari sumber https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-literasi.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31. Diperoleh pada tanggal 2 Mei 2024. Dari sumber
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624
Andrini, V.S. (2021). Studi Pembelajaran Model Flipped Classsroom Memetakan Motivasi Mahasiswa. Banten: CV. AA. Rizky. Diperoleh pada tanggal 24 Mei 2024 dari sumber http://repository.stkipnganjuk.ac.id/411/1/1.%20BukuVera%20Buku%20FULL.pdf
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Mendikbud: Literasi Lebih dari Sekedar Membaca Buku. Jakarta: Kemendikbud
Creswell, J. W. (2021). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (7th ed.). Sage Publications.
Darmadi, H. (2020). Apa Mengapa Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila Dan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn): Konsep Dasar Strategi Memahami Ideologi Pancasila Dan Karakter Bangsa. Jakarta: An1mage
Ilham, B.U. (2022). Harbukdiknas 2022: Literasi Indonesia Peringkat Ke-62 Dari 70 Negara. Diakses pada tanggal 2 April 2024, dari sumber https://bisniskumkm.com/harbuknas-2022-literasi-indonesia-peringkat-ke-62-dari-70
Kemendikbud. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia Tahun 2023. Diperoleh pada tanggal 27 April 2024, dari sumber https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/login
Prakoso, B. (2024). Urgensi Literasi di Tengah Gelombang Informasi. Diakses pada tanggal 13 Mei 2023 dari sumber https://uwks.ac.id/artikel/202424022212266129/33651/urgensi-literasi-di-tengah-gelombang-informasi
Resta, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sumberejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). Diperoleh pada tanggal 28 April 204. Dari sumber http://digilib.unila.ac.id/73505/
Sitompul, I. S. (2023). Memahami Uji F (Uji Simultan) dalam Regresi Linear. Diakses pada tanggal 27 Juni 2024. Dari sumber https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-uji-f-uji-simultan-dalam-regresi-linear/
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta
Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfebeta
Susanti, L., & Hamama Pitra, D. A. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242
Yuliawati, D., Hidayati, U., & Etika, E. D. (2023). Implementasi Model Blended Learning Dan Media Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Sma. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 85–91. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.377
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
