PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NU PACE TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Imelda Oktavia Efendi Putri STKIP PGRI Nganjuk
  • Rengga Yudha Santoso STKIP PGRI Nganjuk
  • Umi Hidayati STKIP PGRI Nganjuk

Keywords:

Guided Teaching, Media Visual, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Guided Teaching berbasis media visual dikelas X di SMK NU Pace Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian quasi eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji sample t-test. berdasarkan hasil analisis data dengan rumus uji-t diperoleh nilai t_hitung = 7,187 dan t_tabel = 1,682 pada taraf signifikan 5% untuk dk = 41. Kemudian keduamya dibandingkan dan dapat dilihat bahwa hasil t_hitung = 7,187 > t_tabel = 1,682, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Yang artinya hipotesis yang diajukan peneliti “Diterima”. Hipotesis yang dimaksud berbunyi “ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Guided Teaching berbasis media visual pada mata pelajaran PPKn kelas X SMK NU Pace tahun pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, S.S., dkk. (2021). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.

Daryanto. (2017). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Belajar. Yogyakarta: Gava Media.

Gumilar, G., Sulistyo, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Merekam Audio Di studio di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Elektro, 4(2), 633-638.

Jamaludin, D.N. (2018). Penggunaan Guided Teaching dalam Mengorganisasikan Konsep pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah. Jurnal Pendidikan IAIN Kudus, 1(2): 122-137.

Kristin, F. (2018). Pengaruh Pembelajaran Terbimbing (Guided Teaching) terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian dalam Bidang Ilmu Sosial, 28(1): 2541-4569.

Kusuma, Candra, A. & Ida. (2018). Efektivitas Pembelajaran Guided Teaching dengan E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Politeknik Harapan Bangsa Bersama. Tegal, 1(3): 315-327.

Mahendri, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn Siswa. Jurnal pendidikan, 8(2): 126-132.

Outra, Agastya. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Ceramah Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa. Skripsi (Tidak Diterbitkan) pada Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FIS Undiksa. Singaraja.

Sari, D. & Neta D.L. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Visual terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Pendidikan, 2(2): 71-80.

Suarni, N. K. (2016). Perkembangan Kemandirian dengan Optimalisasi Keterlibatan Siswa dalam Mengelola Penilaian Proses dan Hasil Belajar. Laporan Penelitian. Tidak Dipublikasikan. Singaraja:IKIPN..

Yanti, N.W.W. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Power Point untuk Meningktkan Hasil Belajar PPKn. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1): 89-94.

Zainiyati, H.S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT, Konsep dan Aplikasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Oktavia Efendi Putri , I., Yudha Santoso , R., & Hidayati, U. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NU PACE TAHUN AJARAN 2022/2023. Aktualisasi Dinamika Ilmu Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 1–5. Retrieved from https://journal.upms.ac.id/index.php/judika/article/view/573