PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Ana Miftahul Janah STKIP PGRI Nganjuk
  • Toyyibatus Saadah STKIP PGRI Nganjuk
  • Suharto Suharto STKIP PGRI Nganjuk

Keywords:

Discovery Learning, Infografis, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Sebagai tenaga profesional dibidangnya, guru di harapkan untuk mampu menggunakan berbagai model dan media pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan kelasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media infografis. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media infografis di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk TA 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan menggunakan keseluruhan populasi yaitu 42 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji sample t-tes. Hasil belajar mata pelajaran PPKn pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk TA 2023/2024 mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning berbatuan media infografis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdila, A. N., & Rednoningsih, T. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII B SMP Negeri 4 Semarang.

Hany, N. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3, 39-47. Jamila. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan. Lampung.

Listianingsih, & Ajri, A. S. (2022). Pengembangan Physics SSP Model Discovery Learning Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa: Uji Kelayakan. Jurnal Luminous, 3.

Mansur, H. (2020, Januari). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.

Maulana, M. A. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Pada Siswa Kelas Viii Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Canva. jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia.

Nopi, N. (2021). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Guided. Tegal.

Nurjaman, D. H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Infografis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Eksperimen Terhadap Kelas XI IPS MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Tasikmalaya.

Raihun. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Peserta Didik Kelas IX.3 SMP Negeri 4 Praya Timur.

Rismayani, N. L. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning.

Sahuri, M., & Priatna, O. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil (Vol. 3). Sumaryanti, D. E. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Discovery Learning Berbantuan Media

Laboratorium Virtual pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8.

Tiara, D. R. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses. Bengkulu.

Watngil, A., & Syamsiyah, S. (2023, 12 18). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Animasi. 5.

Hidayati, U. & Devi, L.P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Google Meet Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA. Nganjuk. Jurnal Ilmiah Kependidikan

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Janah, A. M., Saadah, T., & Suharto, S. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR. Aktualisasi Dinamika Ilmu Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 1–7. Retrieved from https://journal.upms.ac.id/index.php/judika/article/view/578