PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR
Keywords:
Discovery Learning, Infografis, Hasil Belajar SiswaAbstract
Sebagai tenaga profesional dibidangnya, guru di harapkan untuk mampu menggunakan berbagai model dan media pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan kelasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media infografis. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media infografis di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk TA 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan menggunakan keseluruhan populasi yaitu 42 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji sample t-tes. Hasil belajar mata pelajaran PPKn pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk TA 2023/2024 mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning berbatuan media infografisDownloads
References
Afdila, A. N., & Rednoningsih, T. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII B SMP Negeri 4 Semarang.
Hany, N. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3, 39-47. Jamila. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan. Lampung.
Listianingsih, & Ajri, A. S. (2022). Pengembangan Physics SSP Model Discovery Learning Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa: Uji Kelayakan. Jurnal Luminous, 3.
Mansur, H. (2020, Januari). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.
Maulana, M. A. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Pada Siswa Kelas Viii Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Canva. jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia.
Nopi, N. (2021). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Guided. Tegal.
Nurjaman, D. H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Infografis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Eksperimen Terhadap Kelas XI IPS MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Tasikmalaya.
Raihun. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Peserta Didik Kelas IX.3 SMP Negeri 4 Praya Timur.
Rismayani, N. L. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning.
Sahuri, M., & Priatna, O. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil (Vol. 3). Sumaryanti, D. E. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Discovery Learning Berbantuan Media
Laboratorium Virtual pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8.
Tiara, D. R. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses. Bengkulu.
Watngil, A., & Syamsiyah, S. (2023, 12 18). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Animasi. 5.
Hidayati, U. & Devi, L.P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Google Meet Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA. Nganjuk. Jurnal Ilmiah Kependidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
