HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF TERHADAP PENGEMBANGAN SIKAP HUMANIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII DI MTS AL-AMIN NGETOS
Keywords:
strategi pembelajaran afektif, sikap humanis siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran afektif pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di MTs Al-Amin Ngetos Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) Untuk mendeskripsikan pengembangan sikap humanis pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di MTs Al-Amin Ngetos Tahun Pelajaran 2022/2023, 3) Untuk mengetahui adakah hubungan penerapan strategi pembelajaran afektif terhadap pengembangan sikap humanis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di MTs Al-Amin Ngetos Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian kuantitatif. Adapun jumlah populasinya 36 siswa kelas VIII di MTs Al-Amin Ngetos. Sampel yang diambil adalah 100% dari populasi yaitu 36 siswa. Lokasi yang diteliti bertempat di MTs Al-Amin Ngetos. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan wawancara. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi pembelajaran afektif pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di MTs Al-Amin Ngetos tahun pelajaran 2022/2023 tergolong “cukup tinggi” dengan hasil 53,884% berada diantara 35% - 65%. (2) Sikap humanis siswa kelas VIII di MTs Al-Amin Ngetos tahun pelajaran 2022/2023 2023 tergolong “cukup tinggi” dengan hasil 43,663% berada diantara 35% - 65%. (3) Hubungan Penerapan Strategi Pembelajaran Afektif Terhadap Pengembangan Sikap Humanis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di MTs Al-Amin Ngetos Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan menggunakan teknik analisis product moment yang diperoleh nilai r = 0,6069 terletak pada interval 0,40-0,70 yang menunjukkan bahwa korelasi antara variabel x dengan variabel y menunjukkan korelasi “cukup’’ yang prosentase hubungan nya sebesar 36,83%.Downloads
References
Abidin, Zainal. (2011). Filsafat Manusia; Memahami Melalui Filsafat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Al-Muchtar, Suwana, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran PKn. Jakarta: Universitas Terbuka.
Azwar, Saiffudin. (2022). Sikap Manusia (Teori dan Pengukurannya). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
B. Uno, Hamzah. (2003). Model Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.
Bagus, Lorens. (2005). Kamus Filsafat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Budiarjo, Lily. (2005). Hakikat Metode Instruksi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Collins, SJ, Gerald & Edward G. Farrugia, SJ. (2003). Kamus Teologi, ter. I. Suharyo. Pr., Yogyakarta: Kanisius.
Davies, Tony. (2008). Humanism; Second Edition. London: Routledge.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Halimah, Siti. (2008). Strategi Pembelajaran. Bandung: Cita Pustaka.
Hamruni. (2009). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Hardiman, F. Budi. (2012). Humanisme dan Seterusnyaa; Meninjau Ulang Gagasan Besar Tentang Manusia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Irham, M, & Wiyani, A. N. (2016). Psikologi Pendidikan (Teori dan aplikasi dalam proses Pembelajaran ketiga). Ar-Rumz Media.
Jary, David & Julia Jary. (2003). The Harper Collins Dictionary Of Sociology. New York: Harper Collins Publisher.
Kartono, Kartini. (2009). Hygiene Mental. Bandung: Mandar Maju.
Khairini, M. (2007). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kholis, Nur. (2014). Humanisme Sebagai Filsafat Hukum Islam. Jurnal Studi Hukum Islam. 1(1): 57-58.
Krathwohl, David R. et.al. (2019). Taxonomy Of Education Objektive, The Classification Of Education Goal, Handbook II; Affective Domain. London: Logman Group LTD.
Mar’at. (2015). Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Masitoh dan Laksmi Dewi. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjend Pendis Depag RI.
Maslukiyah, Nailil. (2020). The Implementation of Humanistik Learning Concept on Student with Formal Operation Stage at Miftahul Khoir Vocational School. Jurnal Psikologika. 25 (1). 97-110.
Mulyadi. (2014). Evaluasi Pendidikan (Pengembangan model Evaluasi Pendidikan Agama di Sekolah). Malang: UIN-Maliki Press.
Munir, Miftahul. (2005). Filsafat Humanisme Teistik Menurut Khalil Gibran. Yogyakarta: Paradigma.
Muslich, Mansur. (2007). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstektual. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Narbuko, Kholid. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Permendikbud. (2013). Undang-undang RI No. 65 Tahun 2013. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendiknas. (2006). Undang-undang RI No. 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwanto, M Ngalim. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Resse, L. William. (2007). Dictionary of Philosophy and Religion; Estern and Western Thought New Jersey: Humanity Press.
Rahman, Musthafa. (2011). Humanisasi Pendidikan Islam; Plus-Minus Sistem Pendidikan Pesantren. Semarang: Walisongo Press.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Prenada Media Grup.
Siregar, Syofian. (2014). Statistik Paramatrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Solichin, Mohammad Muchlis. (2018). Humanistic Learning Theory and Its Apllication in Islamic Religious Education. Jurnal Studi Islam. 5(1): 4-8.
Solihatin, Etin. (2012). Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, Wasti. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suseno, Franz Magnis. (2022). Agama Humanisme dan Masa Depan Tuhan. Yogyakarta: Bisnis.
Siregar Eveline & Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sitorus, Bergaman. (2011). Membina Hasrat Belajar Di Sekolah. Bandung: Remaja Karya.
Syah, Muhibin. (2005). Psikologi Pendidikan dalam Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakaraya.
Winataputra, Udin S., dkk. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas dq Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
