PENGARUH PENDIDIKAN INKLUSIF PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TERHADAP PEMAHAMAN PANCASILA DI SMK NU PACE TAHUN AJARAN 2022/2023
Keywords:
Pendidikan Inklusif, Pemahaman PancasilaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pendidikan inklusif pada anak berkebutuhan khusus terhadap pemahaman nilai-nilai pancasila di SMK NU Pace Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus korelasi Product Moment (Pearson). Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh pendidikan inklusif pada anak berkebutuhan khusus terhadap pemahaman nilai-nilai pancasila di SMK NU Pace Tahun Ajaran 2022/2023 dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 20 diperoleh nilai r_hitung=0,889 > r_tabel=0,444. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dan adanya hubungan korelasi yang sangat kuat. Hal ini disebabkan oleh antusiasme siswa baik yang normal maupun yang berkebutuhan khusus dalam proses pendidikan inklusif.Downloads
References
Cahyandi, O. Hairunisya, N. & Nafik U.H. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke 2 Pelajaran PPKn SMK PGRI 3 TULUNGAGUNG. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6): 1087-1094.
Cahyaningrum, R.K. (2012). Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru Dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Program Inklusi (Studi Deskriptif Di SD Dan SMP Sekolah Alam Ar-Ridho). Educational Psychology Journal, 1(1): 1-10.
Hasyim, Y. (2013). Pendidikan Inklusif di SMK Negeri 2 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(2): 112-121.
Khabibah, N. (2017). Penanganan Instruksional Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner). DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran pendidikan, 19(2): 26-32.
Mayasari, N. (2019). Layanan Pendidikan bagi Anak Tunagrahita dengan Tipe Down Syndrome. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 14(1): 111-134.
Mutmainah. (2017). Motivasi Belajar Siswa Slow Learner (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri 4 Buana Sakti Lampung). Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(1): 6-11.
Rahmaida, E. (2022). Bimbingan Sosial Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SMKN 3 Banyumas. Skripsi pada Fakultas Dakwah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Sari, P.R. (2020). Implementasi Pembelajaran Inklusi Di SD Negeri 5 Metro Timur. Skripsi pada Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Metro.
Suharto. Hariyono. & Annisa D.M. (2021). Penerapan model pembelajaran quiz team Berbasis daring terrhadap hasil belajara siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X OTKP SMK Negeri 2 Nganjuk. Dharma Pendidikan, 16(3): 175-183.
Suriaman, M. (2023). Pendidikan Inklusif Dalam Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru, 4(2): 121-127.
Waidl, A. Dkk. (2021). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Yosiani, R. (2014). Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar Di Sekolah Luar Biasa. E-Jurnal Graduate Unpar, 1(2): 111-124.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
