PENGARUH PENDIDIKAN INKLUSIF PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TERHADAP PEMAHAMAN PANCASILA DI SMK NU PACE TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Reka Ayu Nur Alifah STKIP PGRI Nganjuk
  • Suharto Suharto STKIP PGRI Nganjuk
  • Agustin Patmaningrum STKIP PGRI Nganjuk

Keywords:

Pendidikan Inklusif, Pemahaman Pancasila

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pendidikan inklusif pada anak berkebutuhan khusus terhadap pemahaman nilai-nilai pancasila di SMK NU Pace Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus korelasi Product Moment (Pearson). Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh pendidikan inklusif pada anak berkebutuhan khusus terhadap pemahaman nilai-nilai pancasila di SMK NU Pace Tahun Ajaran 2022/2023 dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 20 diperoleh nilai r_hitung=0,889 > r_tabel=0,444. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dan adanya hubungan korelasi yang sangat kuat. Hal ini disebabkan oleh antusiasme siswa baik yang normal maupun yang berkebutuhan khusus dalam proses pendidikan inklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyandi, O. Hairunisya, N. & Nafik U.H. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke 2 Pelajaran PPKn SMK PGRI 3 TULUNGAGUNG. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6): 1087-1094.

Cahyaningrum, R.K. (2012). Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru Dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Program Inklusi (Studi Deskriptif Di SD Dan SMP Sekolah Alam Ar-Ridho). Educational Psychology Journal, 1(1): 1-10.

Hasyim, Y. (2013). Pendidikan Inklusif di SMK Negeri 2 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(2): 112-121.

Khabibah, N. (2017). Penanganan Instruksional Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner). DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran pendidikan, 19(2): 26-32.

Mayasari, N. (2019). Layanan Pendidikan bagi Anak Tunagrahita dengan Tipe Down Syndrome. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 14(1): 111-134.

Mutmainah. (2017). Motivasi Belajar Siswa Slow Learner (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri 4 Buana Sakti Lampung). Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(1): 6-11.

Rahmaida, E. (2022). Bimbingan Sosial Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SMKN 3 Banyumas. Skripsi pada Fakultas Dakwah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Sari, P.R. (2020). Implementasi Pembelajaran Inklusi Di SD Negeri 5 Metro Timur. Skripsi pada Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Metro.

Suharto. Hariyono. & Annisa D.M. (2021). Penerapan model pembelajaran quiz team Berbasis daring terrhadap hasil belajara siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X OTKP SMK Negeri 2 Nganjuk. Dharma Pendidikan, 16(3): 175-183.

Suriaman, M. (2023). Pendidikan Inklusif Dalam Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru, 4(2): 121-127.

Waidl, A. Dkk. (2021). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Yosiani, R. (2014). Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar Di Sekolah Luar Biasa. E-Jurnal Graduate Unpar, 1(2): 111-124.

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Alifah, R. A. N., Suharto, S., & Patmaningrum, A. (2025). PENGARUH PENDIDIKAN INKLUSIF PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TERHADAP PEMAHAMAN PANCASILA DI SMK NU PACE TAHUN AJARAN 2022/2023 . Aktualisasi Dinamika Ilmu Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 20–25. Retrieved from https://journal.upms.ac.id/index.php/judika/article/view/576