EFEKTIVITAS PEMBERIAN KUIS MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE FORM TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SEMANGAT NASIONALISME PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK

Authors

  • Nurul Setyawati STKIP PGRI Nganjuk
  • Toyibatus Saodah STKIP PGRI Nganjuk
  • Agustin Patmaningrum STKIP PGRI Nganjuk

Keywords:

Kuis, Google Form, Karakter Semangat Nasionalisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penguatan karakter semangat nasionalisme sebelum pemberian kuis menggunakan Aplikasi Google Form siswa Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023, (2) Untuk mengetahui penguatan karakter semangat nasionalisme sesudah pemberian kuis Aplikasi Google Form siswa Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023, (3) Untuk mengetahui efektifitas pemberian kuis menggunakan Aplikasi Google Form terhadap penguatan karakter semangat nasionalisme siswa Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain one group pretest postest. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penguatan Karakter Semangat Nasionalisme Sebelum Pemberian Kuis Mengguanakan Aplikasi Google Form didapat nilai rata-rata 71,39 dari 36 siswa. Ketercapaian hasil belajar siswa adalah Cukup Baik. Penguatan Karakter Semangat Nasionalisme Sesudah Pemberian Kuis Mengguanakan Aplikasi Google Form didapat nilai rata-rata=82,50 dari 36 siswa. Ketercapaian hasil belajar siswa adalah Baik. Berdasarkan hasil perhitungan t-test menggunakan SPSS 22 diatas diketahui bahwa t-test = 0,022. Maka dapat ditanyakan 0,022 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Yang artinya hipotesis yang diajukan peneliti “Diterima”. Adapun hipotesis yang dimaksud berbunyi: Pemberian kuis menggunakan Aplikasi Google Form efektif terhadap penguatan karakter semangat nasionalisme pada Pembelajaran PKn kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Charolina, Y., & Honny, H. (2021). Pemamfaatan Aplikasi Googleform Dalam Pembelajaran Bagi Guru Pada Masa Pandemi. Paradigma, 23(1).

Dwijayanti, V. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Pelatihan Terhadap Keprofesionalan Guru Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 289-299.

Hamdi, A. S. Penerapan metode e-learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii pada mata pelajaran IPS terpadu: penelitian tindakan kelas di SMP IT Al-Atiqiyah Cipanengah-Sukabumi.

Mulatsih, B. (2020). Application Of Google Classroom, Google Form And Quizizz In Chemical Learning During The Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26.

Nugroho, A. S. (2018). Pengembangan Ulangan Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Google Form. Jurnal SITECH: Sistem Informasi Dan Teknologi, 1(2), 89-94.

Septiana, N. D. (2022). Pengunaan Google Formulir Sebagai Media Pembelajaran Dan Penugasan Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas IX Di SMP Ma'arif 1 Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Sianipar, A. Z. (2019). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kepuasan pelayanan mahasiswa. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(1), 16-22.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharto, S. (2022). Penerapan model pembelajaran quiz team Berbasis daring terhadap hasil belajar siswa Pada mata pelajaran ekonomi bisnis Kelas X OTKP SMK Negeri 2 Nganjuk. Dharma Pendidikan, 16(3), 175 - 183. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/433

Tri, M. R. (2021, August). Keefektifan Penggunaan Google Form Untuk Mengumpulkan Tugas Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 1000-1011).

Utami, F. (2018). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Zubaedi, M. A. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media.

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Setyawati, N., Saodah, T., & Patmaningrum, A. (2025). EFEKTIVITAS PEMBERIAN KUIS MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE FORM TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SEMANGAT NASIONALISME PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK. Aktualisasi Dinamika Ilmu Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 12–19. Retrieved from https://journal.upms.ac.id/index.php/judika/article/view/575