EFEKTIVITAS PEMBERIAN KUIS MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE FORM TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SEMANGAT NASIONALISME PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK
Keywords:
Kuis, Google Form, Karakter Semangat NasionalismeAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penguatan karakter semangat nasionalisme sebelum pemberian kuis menggunakan Aplikasi Google Form siswa Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023, (2) Untuk mengetahui penguatan karakter semangat nasionalisme sesudah pemberian kuis Aplikasi Google Form siswa Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023, (3) Untuk mengetahui efektifitas pemberian kuis menggunakan Aplikasi Google Form terhadap penguatan karakter semangat nasionalisme siswa Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain one group pretest postest. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penguatan Karakter Semangat Nasionalisme Sebelum Pemberian Kuis Mengguanakan Aplikasi Google Form didapat nilai rata-rata 71,39 dari 36 siswa. Ketercapaian hasil belajar siswa adalah Cukup Baik. Penguatan Karakter Semangat Nasionalisme Sesudah Pemberian Kuis Mengguanakan Aplikasi Google Form didapat nilai rata-rata=82,50 dari 36 siswa. Ketercapaian hasil belajar siswa adalah Baik. Berdasarkan hasil perhitungan t-test menggunakan SPSS 22 diatas diketahui bahwa t-test = 0,022. Maka dapat ditanyakan 0,022 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Yang artinya hipotesis yang diajukan peneliti “Diterima”. Adapun hipotesis yang dimaksud berbunyi: Pemberian kuis menggunakan Aplikasi Google Form efektif terhadap penguatan karakter semangat nasionalisme pada Pembelajaran PKn kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023.Downloads
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Charolina, Y., & Honny, H. (2021). Pemamfaatan Aplikasi Googleform Dalam Pembelajaran Bagi Guru Pada Masa Pandemi. Paradigma, 23(1).
Dwijayanti, V. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Pelatihan Terhadap Keprofesionalan Guru Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 289-299.
Hamdi, A. S. Penerapan metode e-learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii pada mata pelajaran IPS terpadu: penelitian tindakan kelas di SMP IT Al-Atiqiyah Cipanengah-Sukabumi.
Mulatsih, B. (2020). Application Of Google Classroom, Google Form And Quizizz In Chemical Learning During The Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26.
Nugroho, A. S. (2018). Pengembangan Ulangan Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Google Form. Jurnal SITECH: Sistem Informasi Dan Teknologi, 1(2), 89-94.
Septiana, N. D. (2022). Pengunaan Google Formulir Sebagai Media Pembelajaran Dan Penugasan Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas IX Di SMP Ma'arif 1 Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Sianipar, A. Z. (2019). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kepuasan pelayanan mahasiswa. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(1), 16-22.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharto, S. (2022). Penerapan model pembelajaran quiz team Berbasis daring terhadap hasil belajar siswa Pada mata pelajaran ekonomi bisnis Kelas X OTKP SMK Negeri 2 Nganjuk. Dharma Pendidikan, 16(3), 175 - 183. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/433
Tri, M. R. (2021, August). Keefektifan Penggunaan Google Form Untuk Mengumpulkan Tugas Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 1000-1011).
Utami, F. (2018). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Zubaedi, M. A. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
