EFEKTIVITAS PEMBERIAN KUIS MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE FORM TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SEMANGAT NASIONALISME PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK

Authors

  • Rengga Yudha santoso Universitas PGRI Mpu Sindok

Keywords:

Moderasi Beragama Nilai Kemanusiaan Pembelajaran Demokrasi

Abstract

Rendahnya sikap toleransi dan empati antarsiswa di SMK Al-Amin Ngetos menunjukkan kurang optimalnya penanaman sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Moderasi beragama dipandang sebagai strategi efektif untuk memperkuat pemahaman nilai kemanusiaan dalam konteks pembelajaran demokrasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan moderasi beragama dalam penanaman sila Kemanusiaan pada pembelajaran demokrasi.Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental. Sampel berjumlah 60 siswa dibagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui angket sikap dan observasi.Hasil menunjukkan peningkatan sikap toleransi dan empati sebesar 38% pada kelompok eksperimen, sementara kelompok kontrol hanya meningkat 14%.Moderasi beragama efektif dalam menanamkan nilai kemanusiaan pada pembelajaran demokrasi. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengevaluasi implementasi di lingkungan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sucipto, S. (2017a). Analisa Hasil Rekomendasi Pembimbing Menggunakan Multi-Attribute Dengan Metod Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: Sage Publications.

Daryanto. (2012). Strategi Pembelajaran: Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Gagne, R. M. (2005). Principles of Instructional Design. Belmont: Wadsworth.

Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2020). Panduan Implementasi Pembelajaran Berbasis Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2018). Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan Karakter. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Prensky, M. (2010). Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. Thousand Oaks: Corwin Press.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. (2015). Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran Berbasis Digital. Yogyakarta: Media Akademi.

Warsita, B. (2011). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

e Astra, I. Made. 2010. Energi dan Dampaknya Terhadap Lingkungan. Jurnal Meteorologi dan Geofisika, 11.2

Badan Standarisasi Nasional, 2000, Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000), Yayasan PUIL, Jakarta.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

santoso, R. Y. (2025). EFEKTIVITAS PEMBERIAN KUIS MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE FORM TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SEMANGAT NASIONALISME PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK. Aktualisasi Dinamika Ilmu Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 60–64. Retrieved from https://journal.upms.ac.id/index.php/judika/article/view/588