EFEKTIVITAS PEMBERIAN KUIS MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE FORM TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SEMANGAT NASIONALISME PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK
Keywords:
Moderasi Beragama Nilai Kemanusiaan Pembelajaran DemokrasiAbstract
Rendahnya sikap toleransi dan empati antarsiswa di SMK Al-Amin Ngetos menunjukkan kurang optimalnya penanaman sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Moderasi beragama dipandang sebagai strategi efektif untuk memperkuat pemahaman nilai kemanusiaan dalam konteks pembelajaran demokrasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan moderasi beragama dalam penanaman sila Kemanusiaan pada pembelajaran demokrasi.Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental. Sampel berjumlah 60 siswa dibagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui angket sikap dan observasi.Hasil menunjukkan peningkatan sikap toleransi dan empati sebesar 38% pada kelompok eksperimen, sementara kelompok kontrol hanya meningkat 14%.Moderasi beragama efektif dalam menanamkan nilai kemanusiaan pada pembelajaran demokrasi. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengevaluasi implementasi di lingkungan masyarakat.Downloads
References
Sucipto, S. (2017a). Analisa Hasil Rekomendasi Pembimbing Menggunakan Multi-Attribute Dengan Metod Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education.
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: Sage Publications.
Daryanto. (2012). Strategi Pembelajaran: Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.
Gagne, R. M. (2005). Principles of Instructional Design. Belmont: Wadsworth.
Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. (2020). Panduan Implementasi Pembelajaran Berbasis Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2018). Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan Karakter. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Prensky, M. (2010). Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. Thousand Oaks: Corwin Press.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi. (2015). Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran Berbasis Digital. Yogyakarta: Media Akademi.
Warsita, B. (2011). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
e Astra, I. Made. 2010. Energi dan Dampaknya Terhadap Lingkungan. Jurnal Meteorologi dan Geofisika, 11.2
Badan Standarisasi Nasional, 2000, Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000), Yayasan PUIL, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
