ANALISIS PROGRAM P5 DITINJAU DARI CIVICS DISPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 1 KERTOSONO TAHUN AJARAN 2023/2024
Keywords:
Program P5, Civics Disposition, Kemampuan Benalar KritisAbstract
Adanya perwujudan Program P5 yang ditinjau dari civics disposition dalam penerapannya untuk mewujudkan kemampuan bernalar kritis peserta didik SMAN 1 Kertosono menjadi fokus dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program P5 ditinjau dari civics disposition terhadap kemampuan bernalar kritis peserta didik SMAN 1 Kertosono tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed-method. Metode mixed-method atau penelitian gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari kuesioner sesuai indikator civics disposition dan data kualitatif diperoleh dari wawancara sesuai indikator kemampuan bernalar kritis. Berdasarkan hasil kuesioner dan wawancara diperoleh capaian civics disposition peserta didik sebesar 75% termasuk dalam kategori sedang. Kemampuan bernalar kritis juga terbentuk dari Program P5. Peserta didik mampu memperoleh dan memproses informasi, menganlisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir.Downloads
References
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61-72.
Fahrurrozi, M., Andrini, V. S., & Etika, E. D. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PONDOK PESANTREN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) TERHADAP NILAI DEMOKRATIS SISWA. Dharma Pendidikan, 19(2), 287-208.
Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan dimensi bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 172-180.
Kemendikbudristek. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 9(1), 46–57.
Kibtiyah, A. M. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82-87.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter
peserta didik di sekolah dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687-706.
Nurfirda. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) MENURUT TEORI AKTIVITAS ENGESTORM. 129
Nurjanah, K., & Saadah, H. (2022, December). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dengan Tema Suara Demokrasi di SMK Setia Karya. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).
Rahmawati, N. L. (2023, July). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 29 SEMARANG. In Proceeding Seminar Nasional IPA
Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). Kepercayaan Diri Peserta didik Pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 4657.
Sari, F. P. I. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS EMPATI TERHADAPPEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII
SMPN 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Dharma Pendidikan, 18(1), 44-53.
Sugiyono, (2020). Metode penelitian kombinasi (mixed method), Bandung CV Alfabeta, Sugiyono 2020. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan pengembangan (Doctoral dissertation, IAIN Jember).
Retnawati, H. (2016). Validitas Reliabilitas & Karakteristik Butir. Yogyakarta:Parama Publishing.
Ikhtiati, I., Aulia, N., Rizki, H., & Laensadi, A. M. (2023). Implementasi Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis dalam Peningkatan Civic Dispositions Peserta didik. Journal on Education, 5(2), 1663-1669.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
