Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII
Keywords:
Scramble type cooperative learning model, Media Question Cards, Learning outcomes, StatisticsAbstract
Mathematics also has an important role in advancing the thinking power of every human being in the process of their development. The aim of this research is to determine whether there are differences in mathematics learning outcomes between the conventional learning model and the cooperative learning model, Scramble Type with Question Card media in the statistics material for Class VIII Students of SMP Negeri 1 Berbek, Nganjuk Regency, Academic Year 2023/2024. This research is quantitative research. This research is a quasi-experimental research with a posttest-only control group design. In this study, the population was all class VIII of SMP Negeri 1 Berbek, totaling 291 students. Based on the results of the student test scores, the average posttest score was 62.59 in the control class and the posttest average score was 83.25 for the experimental class, which means good. Based on the results of the analysis, it was found that the significance level was 5% for Dk = 62, tcount = 9.745 > ttable= 1.988. So tcount > ttable So there is a difference in Mathematics Learning Outcomes between the conventional learning model and the Scramble Type Cooperative learning Model with Question Card Media in the Statistics material for Class VIII Students of SMP Negeri 1 Berbek, Nganjuk Regency for the 2023/2024 Academic Year.Downloads
References
Aini, A. Z., & Yuliana. (2021). Penerapan Metode Focus Groub Discussion dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn. Attractive : Innovative Education Journal, 3(3), 243–254. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/
Apriyani, R., Isjoni, & Yuliantoro. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Menggunakan Media Bulletin Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IPS di SMAN Tuah Gemilang. JISHUM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 353–362.
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.148
Fitrianti, A., Abidin, Z., & Alifiani. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dengan Media Question Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Statistika. 14(6).
Hernalis, S., Syaflin, S. L., & Imansyah, F. (2022). Pengaruh Model Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14914–14918.
Kertiari, L. P., Bayu, G. W., & Sumantri, M. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 335–347.
Kusumawati, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 87–100. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.66
Laia, S., & Waruwu, T. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI-MIPA di SMA Negeri 2 Gunungsitoli tahun pelajaran 2022/2023. JRPP: Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 535–541.
Laili, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Flashcard Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X MIPA di MA Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Miranty, A. A., Harjono, A., & Jaelani, A. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif berbantuan scramble terhadap hasil belajar tema 1 alat gerak hewan dan manusia kelas v gugus 5 kecamatan selaparang tahun ajaran 2019/2020. Progres Pendidikan, 1(1), 42–51.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 659.
Noresti, I., & Silalahi, T. M. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Matriks di Kelas XI. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(3), 200–208. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16415
Nugraha, M. R., & Basuki, B. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1259
Nurlinda, Hasnah, & Djabba, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Membaca Pemahaman Fiksi Dan Nonfiksi. Pinisi Journal of Education, 2(6), 53.
Rahma, R. O., & Setyawan, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Aksara Jawa Kelas Iii Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 99–104. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i2.146
Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578
Safitri, A., & Reinita, R. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2147–2155. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.691
Tania, E. P., Patmaningrum, a, & Aini, a Z. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality Melalui Aplikasi Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Kelas X SMK Negeri 1 Gondang. Jurnal Dharma Pendidikan, 19(2), 151–161.
Wahyudi, R., Irvan, & Nasution, M. D. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Transformasi Geometri Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Improving Mathematics Learning Outcomes in Geometry Transformation Lessons Using the Scramble-Type Cooperative Learning Model. Axiom, 12(1), 46–56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
