Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Adaptasi Teknologi Di SDN 3 Klodan Nganjuk
Keywords:
Teaching Campus, Independent Campus, Elementary School, Technology AdaptationAbstract
The Teaching Campus Program is a form of implementing the Independent Learning Campus (MBKM) in the form of teaching assistance to empower students to assist with the learning process in elementary schools in various villages/cities, one of which is SDN 3 Klodan which is located in Dukuh Dodol, klodan Village, Ngetos District, Nganjuk Regency, East Java. The purpose of this research is to find out of role of students in efforts to increase technoogy adaptation at SDN 3 Klodan. The method used in a qualitative approach with descriptive techniques, the author uses the technique of documenting activities and validating then against several references. The results of this program are an increase in the knowledge of teachers and students at SDN 2 Klodan in terms of technology adaptation. This activity is limited to training students, so long-term follow-up is needed to support technology adaptation at SDN 3 Klodan. The Teaching Campus 5 program has proven to be effective in increasing technology adaptationDownloads
References
Anugrah, Tengku Muhamad Fajar. 2021. “Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19.” AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional 3(3): 38–47. doi:10.54783/jin.v3i3.458.
Arfi, Safa Wildanul, and Cholis Hidayati. 2023. “Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pengabdian Nasional 03(03): 11–22.
Dwi Etika, Erdyna, Sevia Cindy Pratiwi, Dwike Megah Purnama Lenti, and Dina Rahma Al Maida. 2021. “Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi Di Sdn Dawuhan Sengon 2.” Journal of Educational Integration and Development 1(4): 2021.
Santoso, Heri Dwi, Diana Puspita Sari, Apriliana Dian Fadilla, Faidah Fitri Utami, Fitria Pangesti Rahayu, Della Chamelia Sari, and Niken Putri Sya’bani. 2022. “Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar.” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 4(2): 100. doi:10.32493/j.pdl.v4i2.18220.
Sobur, Muhammad Firdaus, Umi Fatonah, and Syarifuddin. 2023. “Program Kampus Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Di Sdn Cinangka 01.” Proceeding SEMNAS-TP (Seminar Nasional Teknologi Pendidikan) 3(1): 132–40.
Widiyono, Aan, Saidatul Irfana, and Kholida Firdausia. 2021. “Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar.” Metodik Didaktik 16(2): 102–7. doi:10.17509/md.v16i2.30125.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
