Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Kelas VIII Pada Materi Peluang DI SMP Negeri 6 Nganjuk
Keywords:
Modified Free Inquiry, Learning Outcomes, Student MotivationAbstract
Students need mathematics to understand arithmetic concepts to make learning easier. Using the Modified Free Inquiry (MFI) Learning Model, it is hoped that students will try to be more independent in solving problems so that student motivation and learning outcomes are better. Objective: to determine the effect of Modified Free Inquiry learning on learning outcomes, determine the effect of Modified Free Inquiry learning on motivation, determine learning outcomes and motivation and determine the effect of Modified Free Inquiry learning on the learning outcomes and motivation of class VIII students in opportunity material at SMP Negeri 6 Nganjuk. The research used a quantitative approach in class VIII as many as 30 students. With multiple correlation data analysis. Data obtained from tests and questionnaires. Based on data analysis and hypothesis testing with a significance level of 5%, the Ftable value= 4.2>Fcount= 4.413 Ho is rejected and Ha is accepted. So it is concluded that there is an influence of the Modified Free Inquiry (MFI) learning model on the learning outcomes and motivation of class VIII students on opportunity material at SMP Negeri 6 Nganjuk.
Downloads
References
Aini, A. Z., & Yuliana. (2021). Penerapan Metode Focus Groub Discussion dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn. Attractive : Innovative Education Journal, 3(3), 243–254. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/
Angrayni, afrita. (2019). Problematika pendidikan di Indonesia. Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon |2, 1–10.
Anjarwati, D., Andrini, V. S., & ... (2022). … Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Melalui Zoom Cloud Meeting Pada Materi Teorema Pythagoras Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Smp …. Dharma Pendidikan, 17(20), 95–103. http://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/190%0Ahttp://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/download/190/192
Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif 1. Academia, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Nurfadilah. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2019, 2(1), 1214–1223.
Nursilawati, Y. (2017). Pengaruh Model Pemeblajaran Modified Free Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Ekosistem Pada Kelas X Sma Pgri Rancaekek. Skripsi Pendididikan Biologi, 05, 1–9.
Patmaningrum, A. (2020). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Matematika Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, 15(1), 122–128.
Putri, Y. A., & Zulyusri. (2022). Bioeduca: Journal of Biology Education. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(2), 1–11.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Sri Endah Sariningsih. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Pada Konsep Jamur.
Suminah, S., Gunawan, I., & Murdiyah, S. (2018). Peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pendekatan. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221–230.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adelia Velani, Agustin Patmaningrum, Reza Dhimas Pravangasta Perdana, Addin Zuhrotul Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
