Efektivitas Penggunaan Media Siben (Ilustrasi Benda) Dengan Pendekatan PMRI Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 4 Nganjuk
Keywords:
PMRI, Hasil BelajarAbstract
Result observations at SMPN 4 Nganjuk, it was found that students' mathematics mastery scores were still insufficient. This is due to students' lack of understanding of the mathematical concepts that will be explained. One of the students even complained about learning mathematics which was difficult to understand using theory alone. The aims of this research are To find out the differences between before and after using Siben media (Object Illustrations) with the PMRI approach to student learning outcomes in class VIII circle material at SMP Negeri 4 Nganjuk. The data analysis technique used in this research is t-test statistical data analysis. Based on the test scores, students showed an average pretest score of 58.8, which based on the Student Comprehension Level table means Not Good, and a posttest average score of 63.6, which based on the Student Comprehension Level table means Fairly Good. Based on the results of the analysis, thitung > ttabel so that it was finally H0 rejected and Ha accepted, which means that there was a significant difference in student learning outcomes between before and after using Siben media (Object Illustrations) with the PMRI approach. So it can be concluded that a significant difference in student learning outcomes between before and after the use of Siben media (Illustrations Benda) with the PMRI approachDownloads
References
Aini, A. Z., & Yuliana. (2021). Penerapan Metode Focus Groub Discussion dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn. Attractive : Innovative Education Journal, 3(3), 243–254. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/
Almira, A. (2016). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34-40.
Amanullah, J., & Utami, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menggambar Ilustrasi Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Kelas V SD Negeri II Balepanjang Jatipurno. Al Hikmah: Journal of Education, 1(2), 125-140.
Andrini, V. S., Patmaningrum, A., & Etika, E. D. (2023). Penggunaan Alat Peraga Raszle (Phytagoras Puzzle) Pada Materi Teorema Phytagoras Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp. Armada: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 116-121.
Anwar, M. S., (2016). Metode Inquiry: Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 19-27.
Arifin, Z. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Rme Menggunakan Media Monopoli Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Peluang. Inspiramatika, 7(1), 46-59.
Ardiansyah, H. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Soal Konteks Wisata Kebun Teh Gunung Dempo. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 64-75.
Agustina, F. (2019). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas Iii Di Mi.
Dewi, N. P. W. P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV SD Negeri Gugus
Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Faiqoh, N. H., & Patmaningrum, A. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) Pada Materi Keliling Dan Luas Lingkaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mts Darul Ihsan Nganjuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral Dissertation, STKIP PGRI Nganjuk).
Faot, M. M., & Amin, S. M. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 9(1).
Karimah, A. (2021). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Raszle (Phytagoras Puzzle) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Teorema Phytagoras Dengan Pendekatan PMRI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Karyati, F. (2017). Pengembangan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika. AL-ULUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1).
Oktaviyanti, I. (2013). Keefektifan Penggunaan Media Gambar Ilustrasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Menggambar Ilustrasi Di Sd Negeri 1 Dagan Purbalingga. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Semarang.
Hanapiati, I. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SD Negeri 011 Bukit Gajah Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 451-471.
Hasanah, A., Susanto, S., & Trapsilasiwi, D. (2021). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Tradisional Di Desa Kemiren Banyuwangi Khas Suku Osing Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 99-106.Suwarsono, B. (2016).
Hutasuhut, D. I. G., Ambiyar, A., Verawardina, U., Alfina, O., Ginting, E., & Zaharani, H. (2021). E-Learning Pembelajaran Ilustrasi Menggunakan Metode Iconix Process. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 5(1), 29-38.
Noh, A., & Rosli, R. (2020). Kandungan ilustrasi Pecahan di dalam buku teks Matematik Tahun 5 KSSR. Jurnal Dunia Pendidikan, 2(3), 231-236.
Rosyidah, A. N. K., & Hartono, H. (2019). Keefektifan Media Koin Bilangan Dan Garis Bilangan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2).
Siswanto, D. (2014). Penerapan Pendekatan PMRI Didukung dengan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD Negeri Sugihan 04 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun 2013/2014 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).
Witjaksono, M. (2017). Penggunaan Media Gambar Ilustrasi dalam meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan peserta Didik Kelas III Min 7 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung).
Yekti, S. M. P. (2020). Perbedaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII UPTD SMPN 1 Karangrejo Tahun Pelajaran 2018-2019. Dharma Pendidikan, 15(1), 129-140.
Yulia, P.,& Jamailah, S. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui PMRI Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
