Pengaruh Kampus Mengajar 8 Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Kampus Mengajar 8, Literacy Numeracy, Elementary SchoolgAbstract
The low literacy and numeracy skills of elementary school students in Indonesia remain a challenge in the education sector. Factors such as ineffective teaching methods, limited resources, and minimal application of concepts in real life contribute to this issue. To address this, the government has initiated the Kampus Mengajar program, involving university students in assisting elementary school learning to enhance literacy and numeracy skills. This study aims to describe the implementation of the Kampus Mengajar 8 program at SDN 01 Payaman Nganjuk. Method: This research employs a qualitative descriptive method, with data collected through observation, documentation, and pre-test and post-test AKM. The findings indicate that five implemented programs effectively contributed to improving students' literacy and numeracy skills. Conclusion: The Kampus Mengajar 8 program has proven successful in enhancing students' literacy and numeracy skills.Downloads
References
Andrini, V. S., Widayanthi, D. G. C., Subhaktiyasa, P. G., Hariyono, H., & Wulandari, C. I. A. S. (2024). Teori dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Anjelina, M., & Ritawati, B. (2024). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 Dalam Meningkatakan Numerasi Di SDN 41 Emplasment. Add, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.24260/add.v3i1.3196
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Sari, K., Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2021). Lunturnya Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia Di Era Globalisasi Yang Mengakibatkan Munculnya Kelompok Terorisme. Jurnal Handayani, 12(2), 144. https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.45265
Hakim, F., Fitriani, F., Lumme, E. I., Rasnida, S, N. A., & Lestari, P. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Di SMPN 8 Satap Majene Melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Interaktif Warta Pengabdian Pendidikan, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.29303/interaktif.v3i1.85
Kartika, E. D., Yazidah, N. I., & Napfiah, S. (2022). Pendampingan Kegiatan Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Di Sekolah Dasar. Journal of Sriwijaya Community Service on Education (Jscse), 1(2), 38–43. https://doi.org/10.36706/jscse.v1i2.543
Mastoah, I., Ms, Z., & Sumantri, M. S. (2022). Meningkatkan Literasi Digital Menggunakan Media Game Edukasi Kreatif. Ibtida I Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 69–80. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.6316
Meo, T. D., Qondias, D., Wau, M. P., & Noge, M. D. (2024). Penerapan Media Jam Untuk Meningkatkan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Mabhambawa (Studi Kolaboratif Gerakan Numerasi Sekolah). Dharmas Education Journal (De_journal), 5(1), 357–364. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1328
Norfika Yuliandari, R., & Hadi, S. (2020). Implikasi Asesmen Kompetensi Minimum Dan Survei Karakter Terhadap Pengelolaan Pembelajaran SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 194–205.
Patmaningrum, A. (2020). Upaya meningkatkan pembelajaran matematika dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, 15(1), 122–128. https://stkipnganjuk.ac.id
Putra, I. A., Prihatiningtyas, S., Wulandari, K., Habiba, M. N., Indrianah, M., & Ningrum, E. G. C. (2023). Media Pembelajaran Pop Up Book Bagi Guru SDN Rejosopinggir Jombang Sebagai Upaya Menumbuhkan Literasi. J-Adimas, 11(1), 28–34. https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i1.3556
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Sipuan, S., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 815. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.815-830.2022
Syafitri, N. N., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6218–6223. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3207
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


.png)
