Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis PhET terhadap keaktifan dan hasil belajar kimia pada materi larutan asam basa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nganjuk

Authors

  • Jenny Rindarsih Satriawan SMA Negeri 1 Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v20i2.603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif berbasis PhET terhadap keaktifan dan hasil belajar kimia pada materi larutan asam basa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nganjuk. Metode penelitian menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan sampel dua kelas, yakni kelas eksperimen yang menggunakan media PhET dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Data keaktifan belajar diperoleh melalui kuesioner dan observasi, sedangkan hasil belajar diukur dengan tes tertulis pretest dan posttest dalam 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan media interaktif PhET secara signifikan meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan skor rata-rata 86,69 pada kelas eksperimen dibandingkan 58,87 pada kelas kontrol (p = 0,001). Selain itu, hasil belajar kimia siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 85,00, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 69,72 (p = 0,001). Terdapat hubungan yang sangat kuat antara keaktifan belajar dan hasil belajar kimia dengan koefisien korelasi r = 0,870 (p = 0,001). Tingkat efektivitas media PhET dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar termasuk kategori tinggi dengan nilai Cohen's d sebesar 7,365 dan 8,352. Adanya penelitian ini memberikan kontribusi bagi guru dan sekolah untuk mengadopsi dan mendukung penggunaan media interaktif berbasis PhET sebagai alat pembelajaran kimia yang efektif serta memberikan pelatihan dan fasilitas pendukung agar implementasi dapat berjalan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Satriawan, J. R. (2025). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis PhET terhadap keaktifan dan hasil belajar kimia pada materi larutan asam basa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nganjuk. Dharma Pendidikan, 20(2), 131–145. https://doi.org/10.69866/dp.v20i2.603