Dharma Pendidikan https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp <p>Dharma Pendidikan is a journal comprises publications from researches and scientific studies. The publications intended to contribute understanding and developing scientific theories and concepts, education and their application in school and society.</p> <p>Based on the current Decree of the <span style="font-size: 0.875rem;">General</span><span style="font-size: 0.875rem;"> </span><span style="font-size: 0.875rem;">Director of the Ministry of Education and Science and Technology Number 10/C/C3/DT.05.00/2025 dated March 21, 2025, Dharma Pendidikan starting from Volume 17 Number 2 of 2022 to Volume 22 Number 1 of 2027 is ranked </span><strong style="font-size: 0.875rem;">5th</strong><span style="font-size: 0.875rem;"> on </span><strong style="font-size: 0.875rem;"><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/13755">Sinta</a></strong></p> <p> </p> en-US <p>1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.<br />2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.<br />3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.<br />4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.<br />5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0</p> dharma@stkipnganjuk.ac.id (Dharma Pendidikan) dharma@stkipnganjuk.ac.id (Dharma Pendidikan) Fri, 31 Oct 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Active Learning Tipe Index Card Match Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III Sd Islam Al-Huda 2 Kota Kediri https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/589 <p><strong>Abstrak</strong>—Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa akibat dominasi metode ceramah yang membuat siswa pasif, kurang termotivasi, dan mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, melibatkan guru, siswa, dan kepala sekolah di SD Islam Al-Huda 2 Kota Kediri. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Index Card Match menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan kolaboratif, sehingga siswa lebih bersemangat, berani berinteraksi, dan menunjukkan peningkatan pemahaman konsep matematika. Kendala yang muncul antara lain suasana kelas yang ramai dan kesulitan memahami isi kartu. Guru perlu merancang materi, instruksi, dan pengelolaan kelas yang baik agar strategi ini berjalan optimal. Temuan ini mendukung pentingnya penerapan metode aktif dalam pembelajaran matematika sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>&nbsp;: <em>Active Learning, Index Card Matc</em><em>h</em>, Pembelajaran Matematika, Pemahaman Konsep &nbsp;</p> <p><strong><em>Abstract</em></strong>— <em>This study aims to examine the application of the Active Learning strategy, specifically the Index Card Match type, in improving elementary school students’ understanding of mathematical concepts. The background of this research lies in the low level of students’ comprehension caused by the dominance of lecture methods that make students passive, less motivated, and struggling to grasp mathematical concepts. The study employed a qualitative approach with a case study design, involving teachers, students, and the principal at SD Islam Al-Huda 2 Kediri. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The data were analyzed using the stages of data reduction, data display, and conclusion drawing. The findings revealed that the Index Card Match strategy created an active, enjoyable, and collaborative learning atmosphere, making students more enthusiastic, willing to interact, and demonstrating improved understanding of mathematical concepts. However, challenges emerged, such as noisy classroom conditions and difficulties in comprehending the content of the cards. Teachers are therefore required to design appropriate materials, provide clear instructions, and manage the classroom effectively to optimize the implementation of this strategy. These findings highlight the importance of applying active learning methods in mathematics instruction as an effort to enhance students’ conceptual understanding</em>.</p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>&nbsp;: Active Learning, Index Card Matc</em><em>h, Mathematics Learning, Conceptual Understanding</em></p> Muhamad Safa'udin, Jatmiko Jatmiko Copyright (c) 2025 Muhamad Safa'udin, Jatmiko Jatmiko https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/589 Fri, 31 Oct 2025 00:00:00 +0700 The use of mobile-assisted language learning (MALL) for english in agricultural education https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/601 <p><em>Mobile-Assisted Language Learning (MALL) has become increasingly relevant for English language instruction, particularly in English for Specific Purposes (ESP) within the agricultural field. This study aimed to evaluate the effectiveness of MALL in enhancing technical vocabulary mastery, speaking skills, and students’ perceptions of its ease of use and usefulness. A non-equivalent quasi-experimental design with pretest–posttest and control group was applied, involving 60 students from the Faculty of Agriculture and Animal Husbandry at Universitas Kahuripan Kediri over a six-week intervention period. ANCOVA analysis revealed that the MALL group showed a significant increase in vocabulary scores (M = 31.2) compared to the control group (M = 27.9), F(1,57) = 7.21, p = .009, with a moderate-to-strong effect size (d ≈ 0.66). Speaking skills also improved significantly, with the MALL group (M = 3.38) outperforming the control group (M = 3.05), F(1,57) = 6.02, p = .017. Furthermore, students reported positive perceptions of MALL’s usability and value. These findings provide empirical evidence that MALL strengthens cognitive, affective, and engagement aspects of language learning. This study highlights MALL’s potential as an adaptive and contextual approach for agricultural ESP learning and offers practical implications for curriculum development and pedagogical innovation in the digital era. </em></p> Imam Suhaimi, Futika Permatasari, Muhammad Fawaid Copyright (c) 2025 Imam Suhaimi, Futika Permatasari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/601 Fri, 31 Oct 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis PhET terhadap keaktifan dan hasil belajar kimia pada materi larutan asam basa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nganjuk https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/603 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif berbasis PhET terhadap keaktifan dan hasil belajar kimia pada materi larutan asam basa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nganjuk. Metode penelitian menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan sampel dua kelas, yakni kelas eksperimen yang menggunakan media PhET dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Data keaktifan belajar diperoleh melalui kuesioner dan observasi, sedangkan hasil belajar diukur dengan tes tertulis <em>pretest </em>dan posttest dalam 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan media interaktif PhET secara signifikan meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan skor rata-rata 86,69 pada kelas eksperimen dibandingkan 58,87 pada kelas kontrol (p = 0,001). Selain itu, hasil belajar kimia siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 85,00, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 69,72 (p = 0,001). Terdapat hubungan yang sangat kuat antara keaktifan belajar dan hasil belajar kimia dengan koefisien korelasi r = 0,870 (p = 0,001). Tingkat efektivitas media PhET dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar termasuk kategori tinggi dengan nilai Cohen's d sebesar 7,365 dan 8,352. Adanya penelitian ini memberikan kontribusi bagi guru dan sekolah untuk mengadopsi dan mendukung penggunaan media interaktif berbasis PhET sebagai alat pembelajaran kimia yang efektif serta memberikan pelatihan dan fasilitas pendukung agar implementasi dapat berjalan optimal.</p> Jenny Rindarsih Satriawan Copyright (c) 2025 Jenny Rindarsih Satriawan https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/603 Fri, 31 Oct 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh pemanfaatan platform digital dalam sosialisasi dan pendampingan instrumen pengawas terhadap kinerja kepala sekolah di SMA Kabupaten Nganjuk https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/604 <p>Transformasi digital dalam pendidikan mendorong evolusi praktik supervisi sekolah dari pendekatan konvensional ke digital. Meskipun kepala sekolah dituntut untuk beradaptasi dengan sosialisasi dan pendampingan berbasis platform digital, implementasi di lapangan masih menunjukkan kesenjangan dalam pemanfaatan teknologi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosialisasi digital dan pendampingan digital oleh pengawas sekolah terhadap kinerja kepala sekolah di SMA Kabupaten Nganjuk. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif. Populasi mencakup seluruh 26 kepala SMA (negeri dan swasta) di Kabupaten Nganjuk, dengan teknik <em>total sampling</em>. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda, didahului uji asumsi klasik. Hasil analisis menunjukkan hubungan positif signifikan antara sosialisasi digital dan kinerja kepala sekolah (r = 0,673; p &lt; 0,01) serta antara pendampingan digital dan kinerja kepala sekolah (r = 0,692; p &lt; 0,01). Hasil regresi mengonfirmasi pengaruh positif kedua variabel, dengan pendampingan digital memberikan kontribusi lebih kuat. Pemanfaatan platform digital dalam supervisi pendidikan terbukti signifikan meningkatkan kinerja kepala sekolah. Oleh karena itu, disarankan agar pengawas sekolah dan dinas pendidikan mengoptimalkan strategi sosialisasi dan pendampingan digital yang sistematis dan berkelanjutan guna mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka</p> Lely Farida Widyastuti Copyright (c) 2025 Lely Farida Widyastuti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/604 Fri, 31 Oct 2025 00:00:00 +0700 Kajian pustaka mengenai revitalisasi benteng keraton berdasarkan peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 6 Tahun 2012 https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/611 <p>Indonesia merupakan negara yang kaya akan warisan budaya, baik berupa benda maupun tak benda, yang mencerminkan identitas dan sejarah bangsa. Salah satu wujud warisan budaya tersebut adalah Benteng Keraton Yogyakarta yang memiliki nilai historis tinggi sebagai bagian integral dari kawasan Keraton Kasultanan Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji revitalisasi Benteng Keraton ditinjau dari Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pelestarian dan Perlindungan Cagar Budaya, dengan menyoroti kesesuaian antara ketentuan hukum dan praktik pelaksanaan di lapangan. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (library research) dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber sekunder, seperti jurnal ilmiah, dokumen peraturan, laporan penelitian, dan berita akademik terkait kebijakan pelestarian budaya. Hasil kajian menunjukkan bahwa meskipun Perda tersebut telah menyediakan kerangka hukum yang komprehensif, implementasinya masih menghadapi kendala, terutama terkait kurangnya transparansi, partisipasi masyarakat, serta koordinasi antarlembaga. Revitalisasi Benteng Keraton cenderung berfokus pada aspek fisik, sementara nilai sosial dan historisnya kurang diperhatikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan revitalisasi membutuhkan pendekatan kolaboratif antara pemerintah, tim ahli, dan masyarakat, serta penerapan prinsip konservasi berbasis ilmu pengetahuan agar pelestarian warisan budaya dapat berkelanjutan dan sesuai dengan nilai-nilai historisnya.</p> Nadia Sekar Ningtias, Oktana Wahyu Perdana Copyright (c) 2025 Nadia Sekar Ningtias, Oktana Wahyu Perdana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/611 Fri, 31 Oct 2025 00:00:00 +0700 Analisis hukum terhadap tindak pidana pengoplosan BBM dan efektivitas UU Migas https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/609 <p>Kasus pengoplosan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia mencerminkan lemahnya penegakan hukum dalam sektor energi yang diatur oleh Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek hukum dalam kasus oplosan BBM serta menilai efektivitas penerapan sanksi dan pengawasan dalam mencegah pelanggaran serupa. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan yuridis normatif, menggunakan sumber data sekunder dari peraturan perundang-undangan, literatur hukum, serta laporan lembaga resmi seperti Kementerian ESDM, BPH Migas, dan LBH Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pengoplosan BBM melanggar Pasal 54 dan 55 UU Migas dan termasuk tindak pidana ekonomi yang merugikan negara hingga Rp193,7 triliun per tahun, namun penegakan hukumnya belum optimal akibat lemahnya pengawasan dan minimnya bukti teknis. Kesimpulannya, diperlukan penguatan koordinasi antar lembaga penegak hukum, penerapan sanksi pidana yang lebih tegas, serta revisi regulasi agar sejalan dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen guna menciptakan sistem hukum yang memberikan kepastian, keadilan, dan perlindungan bagi masyarakat</p> Firli Afriyeni, Oktana Wahyu Perdana Copyright (c) 2025 Firli Afriyeni, Oktana Wahyu Perdana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/609 Fri, 31 Oct 2025 00:00:00 +0700 Studi literasi tentang peran Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menangani praktik pungutan di Sekolah https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/610 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih maraknya praktik pungutan di sekolah yang berpotensi melanggar asas pelayanan publik dan prinsip keadilan pendidikan. Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai lembaga pengawas pelayanan publik memiliki tanggung jawab penting dalam menerima, menindaklanjuti, dan mengawasi laporan masyarakat terkait dugaan pungutan liar di lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran Ombudsman DIY dalam menangani laporan pungutan di sekolah serta mengkaji efektivitas pengawasan terhadap kebijakan biaya pendidikan di sekolah negeri. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi literasi, melalui telaah terhadap jurnal ilmiah, dokumen kebijakan, laporan Ombudsman, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ombudsman DIY berperan aktif dalam melakukan verifikasi dan klarifikasi laporan masyarakat, serta memberikan rekomendasi perbaikan kepada instansi pendidikan yang terbukti melakukan pungutan tidak sah. Selain itu, penelitian menemukan bahwa praktik pungutan sering terjadi akibat rendahnya pemahaman sekolah terhadap regulasi sumbangan sukarela dan minimnya kesadaran masyarakat untuk melapor. Kesimpulannya, Ombudsman DIY memiliki kontribusi signifikan dalam memperkuat tata kelola pelayanan publik di bidang pendidikan melalui fungsi pengawasan, mediasi, dan advokasi terhadap pelanggaran administrasi sekolah.</p> Novia Martin, Septian Aji Permana Copyright (c) 2025 Novia Martin, Septian Aji Permana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/610 Fri, 31 Oct 2025 00:00:00 +0700 Optimizing students’ narrative writing skill through story frame strategy at SMA Negeri 1 Loceret https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/605 <p><em>This research aimed to examine students' writing skills in narrative text</em><em>s before using the Story Frame Strategy, to </em><em>identify students' writing skills in narrative text after using the Story Frame Strategy, to determine whether there was a significant difference in students' achievement in writing narrative text before and after. This research employed a quantitative approach with a one-group pre-test and post-test design. The research was conducted at SMAN 1 Loceret in the academic year 2024/2025, </em><em>with a sample of the study consisting of 34 students of class X-1</em>,<em> selected through purposive sampling. Data were analyzed using the Paired Sample t-Test with SPSS 27. The findings revealed that students’ narrative writing skills before the implementation of the Story Frame Strategy were relatively low, with a pre-test</em><em> mean score of 64. After being taught using the Story Frame Strategy, their performance improved significantly, with the post-test mean score reaching 81.4.</em> <em>The alternative hypothesis</em><em> (Hₐ) was accepted if the result of applying the Story Frame Strategy showed a significant effect on students' writing outcomes</em><em>. The null hypothesis</em> (<em>H₀) was accepted if the result did not </em><em>show a significant effect</em><em>. This result indicated that H₀ was rejected and Hₐ was accepted. Therefore, it can be concluded that the Story Frame Strategy had a significant effect on improving tenth-grade students’ narrative writing skills at SMAN 1 Loceret.</em></p> Miftakhul Nur Aisah, Sujono Sujono, Triana Wuri Cahyanti Copyright (c) 2025 Miftakhul Nur Aisah, Sujono, Triana Wuri Cahyanti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.upms.ac.id/index.php/jdp/article/view/605 Fri, 31 Oct 2025 00:00:00 +0700